REMBUK STUNTING DESA BRAYO

  • Jul 27, 2023
  • Desa Brayo

Brayo (25/07/2023) - Sebagai upaya penurunan kasus gizi buruk pada anak alias stunting, petugas Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kecamatan  melakukan kegiatan Rembuk Stunting bersama ibu-ibu Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kader Posyandu Desa Brayo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Brayo ini bertujuan untuk melakukan pencegahan kasus stunting di dua perdukuhan yang ada di Desa Brayo. "Pada dasarnya memang gaada sunting di Desa Brayo, tapi dari data kegiatan posyandu balita yang dilakukan masih ditemukan beberapa anak dengan gizi yang kurang. Jadi kita harus memperbaiknya, melakukan pencegahan agar tidak masuk pada kategori stunting" ujar Rubana, petugas BKKBN kecamatan. 

Meskipun saat ini jumlah anak kurang gizi di Desa Brayo tergolong sangat sedikit, pencegahan stunting akan tetap gencar dilakukan. Mengingat permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah karena terhambatnya tumbuh kembang anak dapat memengaruhi kualitas SDM di masa depan. Oleh karena itu, dalam kegiatan Rembuk Stunting ini petugas BKKBN mengarahkan para Kader PKK dan Kader Posyandu desa untuk rutin melakukan berbagai kegiatan yang dapat menekan penurunan angka kasus stunting. Kegiatan yang dilakukan mulai dari masa kehamilan meliputi kelas ibu hamil, kemudian dilanjutkan dengan kelas balita, posyandu balita hingga program sanitasi (penggunaan air bersih). Selain itu, pada kesempatan ini disampaikan juga rencana kegiatan yang akan dilakukan kedepannya yakni membentuk remaja yang berencana dengan melakukan Kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta melakukan pemeriksaan rutin pada para remaja. 

Dengan dilaksanakannya Rembuk Stunting ini, pemerintah desa akan meningkatkan kapasitas dan komitmennya dalam merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi intervensi terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak atau stunting di lingkungan desa. Langkah ini menjadi krusial karena pencegahan dan penanganan stunting merupakan salah satu komitmen utama pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.