MUSDES: PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN RKPDES 2024

  • Jul 26, 2023
  • Desa Brayo

Brayo (25/07/2023) - Perangkat Desa Brayo dan Badan Permusayawatan Desa (BPD) menyelenggarakan musyawarah desa (Musdes) dalam rangka pembentukan tim penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2024. 

Musdes yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini tidak hanya dihadiri oleh perangkat desa dan BPD, namun juga melibatkan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), karang taruna, Kader PKK, para tokoh agama beserta perwakilan warga Desa Brayo sebagai wujud transparansi antara perangkat desa dengan warga.

“Panita yang terbentuk nantinya akan merencanakan program-program yang sekiranya menjadi prioritas di tahun 2024 untuk direalisasikan dengan mengacu pada RPJM Desa, namun tidak menutup kemungkinan bagi panita yang terbentuk menambah program kerja yang mendesak untuk dilaksanakan” ujar Amat Rozikin, ketua BPD di Balai Desa Brayo.

Pembentukan panitia RKPDes tahun 2024 merupakan langkah awal keberlanjutan terlaksananya rencana program dan kegiatan desa periode tahun 2019-2025. Menurut Suyitno selaku sekertaris desa, panita harus berjumlah ganjil agar dapat memenangkan suara ketika dilakukan pemungutan suara. Panita juga harus terdiri dari beberapa kalangan untuk mewakili warga desa dengan melibatkan kalangan wanita sebanyak 3% dari jumlah panita yang ditetapkan. 

Hasil dari keputusan bersama, panita RKPDes tahun 2024 berjumlah 9 orang yang terdiri dari Kepala Desa sebagai penasihat, ketua KPMD sebagai ketua panita, serta 7 anggota lainnya yang berasal dari perwakilan perangkat desa, kader PKK, pemuda karang taruna, dan rukun warga. Panita terpilih diharapkan mampu menjalankan tugasnya dalam pembangunan desa sehingga mampu tercapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.