MUSDESSUS SOSIALISASI TRANSFORMASI UPK MENJADI BUMDESMA DESA BRAYO

  • Feb 22, 2023
  • Desa Brayo
  • BERITA

Brayo ( 22/02/2023 ) - Kegiatan Musyawarah Desa tentang sosialisasi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) dilaksanakan yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Brayo. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua BPD Desa Brayo, Amat Rozikin, S.Pd beserta anggota BPD Desa Brayo, Kepala Desa Brayo Amirudin, Sekretaris Desa Brayo, suyitno beserta jajarn pengurus BUMDES, Rdan RW Desa Brayo.  Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk musyawarah desa tentang pembentukan BUMDESMA untuk dikecamatan dan pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan.

dalam kegiatan ini terdapat juga narasumber dari kantor kecamatan wonotunggal, yang di wakili oleh bapak Bero SE, dari Dinas Pertanian yang diwakili oleh Bapak Tri Budiarko. 

Kegiatan Musyawarah Desa terkait dengan Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama yang tertuang dalama undang-undang Nomor 15 Tahun 2021. Musyawarah Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah Musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Pelaksanaan pembentukan dilakukan dengan prinsip kepemilikan bersama masyarakat, partisipatif dan demokratis, sederhana, berpihak, dan melindungi, keterbukaan dan kemandirian, kesetiakawanan sosial, kekeluargaan, dan gotong-royong, terkendali dan seimbang, dan berkelanjutan dalam tata kelola, sistem dan prosedur serta pengelola atau pengurus, pengembangan manfaat dan hasil kegiatan dana bergulir masyarakat, harus dilakukan dengan pertimbangan keberlanjutan atau regenerasi yang menjamin kepastian hukum dan kelembagaan.